Rabu, 25 Desember 2013

ARTI SEBUAH LILIN


Arti LILIN dalam Hidup kita
(Renungan Natal GMIM Baitel batusaiki, 25 desember 2013)
OLEH: PDT. LUCKY RUMOPA.STH.
Menjadi orang Kristen harus menjadi terang dan garam dunia…
Sekarang saya akan membahas sedikit mengenai apa itu “Terang”
Yesus dilahirkan di tengah2 dunia yg dipenuhi orang berdosa untuk menyelamatkan mereka & menerangi hidup mereka. Itulah kenapa di perayaan Natal selalu disertai acara lilin Natal.
Selama Dia hidup di dunia Dialah terang dunia, tapi setelah Dia terangkat ke Sorga tanggung jawab itu jatuh kepada kita, murid2-Nya. Kita harus sama seperti Dia dgn menjadi terang di tengah kegelapan.
Namun tidak bisa dipungkiri kita menjadi pelita tidak pada tempat yang tepat, di bawah ini adalah pembahasan : pelita di tempat yang tidak tepat…

1 Menjadi Pelita yang Menyala tapi Ditutup Gantang
Type khas orang Kristen yg suka menutup diri, pura2 bukan orang Kristen sejati, padahal memiliki talenta,karunia Roh tetapi dia tidak mau pergunakan oleh karena Ter-domestikasi (jinak) oleh kekuatan lain.
Contoh : orang Kristen yang ada dalam sistim politik, kekuasaan atau pemerintahan, atau juga dalam ketentaraan/kepolisian. Mereka terhimpit dengan aturan dan sistim, takut di hakimi,takut tidak naik jabatan,takut dimusuhi.
2.Menjadi Pelita Menyala di Tempat yang Terang
Gaya orang Kristen yang menunjukkan kepada orang-orang yang sudah benar hidupnya, atau yang sudah diselamatkan. Terang ditempat yang terang sebuah fenomena baru di kalangan gereja yang saling mengambil umat, dan saling mengklaim terangnya. Bahkan lebih parah sok sok suci karena tidak mau bergaul dengan org berdosa. Contoh : mereka suka cari orang orang kaya,pejabat, pengusaha Kristen menjadi anggota sebab menurut mereka gereja yg sukses adalah gereja yang memiliki umat yang sukses. Itu sebabnya mereka suka memarkirkan mobil2 mewah didepan gereja, dan memakerkan orang2 sukses di TV,radio dll.
Bagaimana dengan menyalakan lilin di siang hari di bawah terik matahari apa ada gunanya? bukankah Yesus sebagai terang dunia pertama datang saat moral manusia dalam keadaan paling bejat disana sini banyak orang berdosa.
3 menjadi pelita, tetapi terang ditempat lain.
Rupanya ini pelita yang di tutup tetapi hanya bersinar yg diatas. Sebenarnya ini adalah hal yang mustahil.. pelita ajaib ni namanya, orang letaknya di titik a tapi yang terang malah di titik a+100 km, sementara di titik a sendiri gelap…
Seseorang bisa menunjukkan kasih Kristus di tempat lain sementara di lingkungannya sendiri orang tidak merasakan kasih Kristus ada di dalam dirinya, bukankah itu aneh ?? seharusnya semua dimulai dari orang2 yang paling dekat dgn kita, jadikan mereka anggota kerajaan Sorga, hiduplah penuh kasih sehingga mereka merasakan kasih Kristus dan mereka bertobat, mulailah dari keluarga Anda

4 Menjadi Pelita Kalah dengan Kegelapan
Persiapkanlah diri Anda sebelum berusaha menjadi terang di kegelapan biar tidak menjadi bulan-bulanan kegelapan…terangnya tidak kuat!
Caranya : Terus bangun rohani Anda setiap hari sehingga terang itu menjadi sempurna saat kita berhadapan dengan kegelapan.
Contoh : Orang yang belum kuat imannya mau melakukan penginjilan di tempat2 lokalisasi atau tempat2 judi atau tempat hura2 lainnya, yang terjadi bukan orang itu bisa menerangi tempat itu namun orang itu malah jatuh terseret ke dalam dosa…Nah, di atas adalah contoh menjadi pelita yang tidak sempurna, jadilah pelita yang sempurna seperti Yesus yang turun ke dunia dan menjadi terang di tengah2 kerumunan orang2 berdosa, sehingga banyak yang dipertobatkan & bersama-sama menjadi terang
Pelita akan berfungsi jika ditaruh di tempat yang gelap dan terus menyala menjadi satu titik pengharapan di tengah kegelapan itu... Jadi, selalu jaga Roh dalam diri Anda agar terus menyala-nyala dengan cara :
1.) 3M : Mendengar, Merenung dan Melakukan Firman Tuhan tiap hari, niscaya Anda akan menjadi terang yang sempurna...
2.) Jangan terus meminta berkat tapi jadilah berkat bagi orang lain…
3.) Hiduplah dlm keintiman dgn Tuhan sehingga dari diri Anda yang terpancar adalah buah roh bukan perbuatan2 daging….

Selamat merayakan Natal Yesus Kristus!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar