Kamis, 19 September 2013

Air Suci di Gereja Austria Terkontaminasi Bakteri


Air suci di gereja Austria terkontaminasi bakteri
Terbit 18 September 2013, 21:40 AEST
sumber. Radio. BBC Australia.

Para peneliti menemukan sekaligus menyarankan kepada umat di Austria agar tidak meminum air suci dari gereja, kuil keagamaan, khususnya di kapel kapel rumah sakit karena ditemukan bakteri dan materi fekal lain.

Kesimpulan itu disampaikan oleh para peneliti Higenitas dan Imunologi Terapan pada Universitas Viena setelah menganalisa kualitas sampel 21 air suci dan di 18 tempat pemandian di gereja dan kapel sepanjang tahun ini.

Dari penelitian yang dipresentasikan di sebuah konferensi di Viena pekan ini menemukan hanya 14 persen dari sampel air dari gereja yang tidak terkontaminasi dan tidak ada satupun yang bisa direkomendasikan sebagai sumber air minum.

Tidak hanya terkontaminasi namun air air itu juga banyak mengandung nitrat pertanian dan serangga yang dapat menyebabkan diare inflamasi.

“Kami perlu mengingatkan orang orang agar tidak meminum dari situ,” ungkap pakar mikrobiologi Alexander Kirschner.

Kirschner mengatakan efek penyembuhan yang dianggap dari sumber air suci berasal dari kondisi higienis pada Abad Pertengahan, ketika kualitas air di daerah perkotaan pada umumnya sangat jelek sehingga orang terus-menerus mengidap diare atau kondisi lain.

"Jika mereka kemudian menemukan sebuah mata air di hutan yang tidak tercemar dan minum dari situ selama beberapa hari, gejala sakit mereka akan hilang. Jadi pada hari-hari itu mereka minum air yang sehat, mendapatkan air dengan kualitas yang sangat baik dari air minum kita saat ini, situasi kini benar-benar terbalik, "katanya.

Studi ini mencatat beberapa cara untuk membantu mengatasi masalah tersebut, termasuk teratur mengganti air suci di tempat pemandian dan penampungan di gereja.

Salah seorang pendeta dari Italia membuat dispenser air suci yang dengan menyalurkan tetesan air suci ketimbang mengambilnya dengan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar